Bionics atau Biomimikri
Kata bionik diciptakan oleh Jack E. Steele pada tahun 1958, mungkin berasal dari bion istilah teknis (diucapkan BEE-on, dari Yunani Kuno: βίος), yang berarti 'unit hidup' dan -ic akhiran, yang berarti 'seperti' atau 'dalam cara', maka 'seperti hidup'. Beberapa kamus, bagaimanapun, menjelaskan kata sebagai yang dibentuk sebagai portmanteau dari biologi dan elektronik. Hal dipopulerkan oleh 1970-an serial televisi The Six Million Dollar Man dan The Bionic Woman, yang didasarkan pada novel karya Martin Cyborg Caidin, yang dipengaruhi oleh pekerjaan Steele, dan fitur manusia diberikan kekuatan super dengan implan elektromekanis
Transfer teknologi antara lifeforms dan manufaktur, menurut pendukung teknologi bionik, diinginkan karena tekanan evolusi biasanya memaksa organisme hidup, termasuk flora dan fauna, menjadi sangat optimal dan efisien. Sebuah contoh klasik adalah pengembangan dirt- dan menolak air cat (coating) dari pengamatan bahwa permukaan tanaman bunga lotus praktis unsticky untuk apa pun (efek lotus).
Ekso Bionics saat ini sedang mengembangkan dan manufaktur cerdas bertenaga perangkat bionik exoskeleton yang dapat diikat pada robot yang dpt dipakai untuk meningkatkan kekuatan, mobilitas, dan daya tahan tentara dan lumpuh.
Istilah "biomimetik" lebih disukai ketika referensi dibuat untuk reaksi kimia. [Rujukan?] Dalam domain tersebut, kimia biomimetik mengacu pada reaksi yang, di alam, melibatkan makromolekul biologis (misalnya, enzim atau asam nukleat) yang kimia dapat direplikasi menggunakan molekul jauh lebih kecil in vitro.
Contoh bionik dalam rekayasa meliputi lambung kapal meniru kulit tebal lumba-lumba; sonar, radar, dan ultrasound medis pencitraan meniru echolocation kelelawar.
Dalam bidang ilmu komputer, studi bionik telah menghasilkan neuron buatan, jaringan syaraf tiruan, dan kawanan intelijen. Perhitungan evolusi juga didorong oleh bionik ide tetapi mengambil ide lebih lanjut dengan simulasi evolusi in silico dan memproduksi solusi yang optimal yang pernah muncul di alam.
Diperkirakan oleh Julian Vincent, profesor biomimetika di University of Bath departemen teknik mesin kelompok Biomimetics, bahwa "saat ini hanya ada 12% tumpang tindih antara biologi dan teknologi dalam hal mekanisme yang digunakan".
Nama biomimetika diciptakan oleh Otto Schmitt pada 1950-an. Para bionik Istilah ini diciptakan oleh Jack E. Steele pada tahun 1958 saat bekerja di Aeronautics Divisi House at Wright-Patterson Air Force Base di Dayton, Ohio. Namun, istilah seperti biomimikri atau biomimetika lebih disukai di dunia teknologi dalam upaya untuk menghindari kebingungan antara bionik istilah medis. Kebetulan, Martin Caidin menggunakan kata untuk 1972 novelnya Cyborg, yang terinspirasi seri The Six Million Dollar Man. Caidin adalah lama penulis industri penerbangan sebelum beralih ke fiksi penuh waktu.
Seringkali, studi bionik menekankan melaksanakan fungsi yang ditemukan di alam bukan hanya meniru struktur biologis. Sebagai contoh, dalam ilmu komputer, cybernetics mencoba untuk model umpan balik dan mekanisme kontrol yang melekat dalam perilaku cerdas, sementara kecerdasan buatan mencoba untuk model fungsi cerdas terlepas dari cara tertentu dapat dicapai.
Menyalin sadar contoh dan mekanisme dari organisme alami dan ekologi adalah bentuk diterapkan penalaran berbasis kasus, memperlakukan alam itu sendiri sebagai database solusi yang sudah bekerja. Para pendukung berpendapat bahwa tekanan selektif ditempatkan pada semua kehidupan alam membentuk Meminimalkan dan menghapus kegagalan.
Meskipun hampir semua teknik bisa dikatakan sebagai bentuk biomimikri, asal-usul modern bidang ini biasanya dikaitkan dengan Buckminster Fuller dan kodifikasi kemudian sebagai rumah atau bidang studi yang Janine Benyus.
Secara kasar, kita dapat membedakan tiga tingkat biologis dalam fauna atau flora, setelah teknologi dapat dimodelkan:
- Meniru metode alami pembuatan
- Mekanisme meniru ditemukan di alam (velcro)
- Mempelajari prinsip-prinsip organisasi dari perilaku sosial organisme, seperti perilaku
berkelompok burung, optimasi mencari makan semut dan lebah mencari makan, dan kecerdasan kawanan (SI) perilaku berbasis dari sebuah sekolah ikan.
0 komentar: